Air Terjun Way Lalaan Tanggamus


Jangan bosan kalian untuk berwisata di Lampung, lampung itu indah destinasi wisatanya, bagi kalian yang pengen main ke lampung yuk eksplor wisata alam, budaya maupun bahari yang ada di lampung, bukan hanya itu wisata sejarahnya pun perlu dilestarikan dan di eksplor. disini saya akan memberi tahu wisata alam yang rekomended di lampung, air terjun way lalaan yang bisa membuat kalian terpanah melihat keindahannya.

Air terjun way lalaan merupakan air terjun yang terletak di kota agung, tanggamus. nah di postingan yang awal aku bahas mengenai danau hijau yang ada di tanggamus, sekarang saatnya aku eksplor air terjun yang ada di tanggamus. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang paling indah di lampung.

Nah menurut hasil wawancara saya dengan bapak Huri selaku pengelola air terjun way lalaan, beliau mengatakan bahwasannya air terjun ini sudah ada sejak tahun 1980-an, namun untuk menjadi objek wisata air terjun , wisata ini sudah digalakkan tahun 1990-an, nah kalau pak huri ini baru mengelolanya selama 2 tahun.mungkin beliau pegawai baru disini. nah menurut pendapat beliau” way lalaan , nama nya saja sudah unik tentunya, diartikan bahwasannya *way (air), *lalaan (pembersihan). nah menurut mitosnya sendiri kalau mandi di air terjun way lalaan maka seluruh penyakit yang ada di badan akan hilang , yang mana sesuai dengan namanya way lalaan “.

way lalaan ini menurut pak huri penuh dengan mitos, bagaimana tidak anggapan warga sekitar saja seperti itu, katanya kalau di way lalaan ada air bidadarinya, nah air mata bidadarinya konon katanya dapat membuat wajah awet muda, lalu selanjutnya ada pohon cinta, konon katanya kalau ada se-pasang kekasih yang duduk di bawah pohon itu maka cintanya akan tumbuh seperti pohon cinta, hubungannya akan langgeng, selanjutnya ada batu bertapa, nah batu ini digunakan untuk bertapa *katanya sih begitu*.

 

lalu daya tarik apa yang membuat way lalaan di jadikan wisata ? daya tariknya adalah , air terjunnya ada dua *way lalaan 1 dan way lalaan 2* nah perbedaannya air terjun way lalaan satu tidak terlalu tinggi sedangkan air terjun way lalaan yang ke dua tinggi, dingin dan air nya segar dab ada pelanginya, rata-rata pengunjung suka dengan air terjun way lalaan yang ke dua.

Untuk rutenya sendiri menuju air terjun way lalaan dapat menempuh jalan dari bandarlampung-kota agung, melewati terminal kemiling-gedong tataan-gading-pringsewu – talang padang – gisting – batu kramat – air terjun way lalaan. nah way lalaan ini dapat di tempuh jalan menggunakan travel, bus , motor maupun mobil pribadi. biaya untuk ongkos ke way lalaan menggunakan travel per orang sekitar Rp. 20.000 – Rp. 25.000.

sedangkan untuk fasilitasnya sendiri sudah lengkap, ada toilet, kantin, musholah, dan vila atau penginapan. nah tapi fasilitasnya kala itu sedang dalam perbaikan, insyaallah sekarang sudah bagus. yang paling serunya lagi way lalaan mau buat outbond yang mana bisa buat daya tarik wisatawan.

nah gimana sudah puas kan sama reviewnya , sekarang tinggal kalian berkunjung dan nikmati sensasi alamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *