Pantai Kiluan |Wisata Lampung Yang Ada Lumba-lumbanya


Wisata alam pulau teluk kiluan terletak di pekon kiluan negeri, kecamatan kelumbayan kabupaten tanggamus provinsi lampung. Tenpat ini sangat cocok banget buat kalian yang suka perjalanan jauh dan menantang, karena apa untuk ke pulau kiluan ini atau pantai kiluan ini kalian harus memakan waktu sekitar 3-4 jam dari BANDARLAMPUNG. Sangat sulit sekali kesana karena jalanan menuju pulau kiluan ini nanjak dan jalannya belum sebagus yang kita bayangkan, akan tetapi perlu kalian ketahui kalian akan terpesona dengan pemandangan alam di pulau ini karena kalian bakalan liat yang namanya LUMBA-LUMBA lumba-lumbanya bisa kita lihat dari dekat dan kalian bisa mandi atau santai di pulau kiluannya dan apabila kalian pengen nginep disana ada tempat penginepan bahkan terjamin bangey gaes so…. buat kalian yang dari luar bandarlampung pengen nginep sudah di sediakan tempatnya.

SEJARAH

Mengenai sejarah asal-usul kiluam. Sebetulnya banyak legenda yang bercerita tentang kiluan, tapi ada satu legenda yang sampai sekarang masih beredar dan dipercaya oleh masyarakat sekitar. Legenda mulai berawal dari saat era runtuhnya kerajaan majapahit dan islam masuk ke indonesia. Di kawasan yang awalnha umbul , dikenal seorang pendatang yang sangat tinggi kesaktiannya. Dia bernama raden mas arya yang berasal dari banten atau malaka. Radrn anta wijaya sangat dikenal pemeberani. Namun, banyan kerabatnya yang tidak senang kepada dia dan berusaha untuk membunuhnya.

Karena itu , akhirnya raden anta wijaya meminta kerabatnya yang ingin membunuh dirinya tersebut agar membawanya ke pulau yang saat ini bernama pulau kiluan. Sebab, dia hanya bisa dibunuh di pulau itu, selanjutnya raden anta wijaya dibunuh di pulau tersebut. Karena kesaltiannya yang belum terkalahkan, dia bisa tahu kapan ajalnya akan tiba.

Konon kumpulan lumba-lumba di teluk kiluan adalah yang terbesar di Asia . Bahkan , di dunia. Wisatawan yang berminat menyaksikan dari dekat lumba-lumba di habitat aslinya bisa menyewa perahu. Jika beruntung , wisatawan juga bisa menyaksikan penyu Hijau yang sewaktu-waktu naik di permukaan laut.

Nah …. gaes pulau ini dapat melihat kumpulan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan ekor, setidaknya ada dua jenis lumba-lumba di perairan ini, yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang .

Selain itu kalian bisa keliling pulau dengan perahu sambil menikmati pemandangan yang indah , sore harinya kalian bisa melihat primatu berbulu hitam dan bersuara nyaring sewaktu aku kesana cuma denger suaranya aja gak sempet lihat sosoknya seperti apa. Nah apalagi kalah kalian nginep nih gaes dan bertepatan dengan bulan purnama wahhhh keindahan bulan purnama bakal menimbulkan rasa takjub buat kalian bagaimana tidak cahaya di permukaan air memantul loh .

Nah buat kalian harus tau TARIF BOOKING buat kalian perhi ke pulau dan keliling liat lumba-lumba.

paket lengkap 7 orang Rp 3.525.000. 2 hari 1 malam

Harga tersebut meliputi :

  1. Mobil bandarlampung ke teluk kiluan
  2. Penginapan 1 kamar
  3. Dolpin/berburu lumba-lumba 2 perahu
  4. Makan 3×
  5. Snokling / 7orang
  6. Pemandu snokling
  7. Pelampung
  8. Masuk pulau
  9. Trasportasi ke pulau
  10. Masuk laguna
  11. Pemandu ke laguna
  12. Trasportasi ke laguna

Jadi per orang Rp 504.000 .

Nah perlu kalian ketahui gaes kalau kalian pake perahu 7 orang . Dan apabila kalian mau ke pulau plus liat lumba-lumba 1 orang 100.000 . Dan kalau kalian kepulaunya aja cuma Rp 15.000. Dan ketika kalian yang hanya kepulau aja 15.000. Trus kalian masuk ke pulau tetsebut kalian bakalan kena uang sebesar 5.000/orangnya. Yang paling enak kesana pas libur dan bawa keluarga ya gaes , nah selain di kiluan kalian juga harus tau di dekat pulau kiluan ada pantai gigi hiu loh dan gak kalah bagusnya . Nah buat kalian jangan lupa keliling wisata lain ya di lampung , ADA WISATA MUNCAK MAS nih yang masih terbarukan di lampung. Oh iya lokasi teluk killuan ini yaitu :

Kalau kalian dari pulau jawa atau dari jakarta kalian harus nyebrang selat sunda dulu dari pelabuhan merak menuju pelabuhan bakaheuni di lampung.  Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum menuju pelabuhan merak . Untuk menuju pelabuhan dari pelabuhan merak ke bakauheni waktu yang di butuhkan yaitu 2-4 jam tergantung pada cuaca dan juga kapal yang anda naiki. Setelah sampai ke pelabuhan anda bisa langsung ke bandarlampung dan menuju pulau tersebut yaitu berlokasi di desa kiluan. Perjalanan dari bandarlampung 4 jam menggunakan kendaraan pribadi kalau kendaraan umum seperti bus sepertinya susah untuk naik ke pulau karena jalannya agak susah. Nah rute dari bandarlampung kalian bisa langsung ke arah padang cermin melewati pulau pahawang hingga menemui persimpangan masuk pangkalan TNI AL. Di persimpangan itu ambil jalur ke kiri menuju pangkalan AL/BUMI MARINIR/ punduh pidada. Selanjutnya dari kecamatan punduh pidada. Kalau dari padang cermin sampai punduh sekitar 1 jam. Nah begitu rutenya setelah itu kalian harus tau plang teluk kiluan dan anda harus hati-hati karena jalnnya menajak dan turunan serta jalannya juga masih banyak berlubang. Sekian dari ulasan teluk kiluan dari saya semoga bermanfaat.

 

3 Comments

  • bagus (#)
    July 14th, 2017

    Cocok buat destinasi wisata taun depan nih gan. Terimakasih infonya gan lengkap sekali

  • Dimas Putra (#)
    July 14th, 2017

    Keren gan tapi ane masih mahasiswa belum punya banyak duit buat liburan jauh gitu 🙁

  • endrita (#)
    July 15th, 2017

    wiiiihhhh…., ulasannya lengkap banget.
    Jadi kepingin kesini….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *