Pesona Pantai Dewi Mandapa ! pantai cinta buat yang lagi jatuh cinta


Assalamualaikum sahabat , sudah lama ainun gak ngepost di blog maklum mahasiswi angkatan tua hehe. Alhamdulillah ada waktu luang buat ngeblog dan khusus ngeblog kali ini aku lagi ikuta lomba yang diadain oleh Lampung Krakatau Festival 2019 dengan mengangkat tema Pariwisata Lampung . Baiklah aku disini akan sedikit cerita terlebih dahulu sebelum membahas panjang lebar judul pantai yang udah aku sebut di judul postingan. Jadi aku udah berkunjung lama ke pantai dewi mandapa  so… ini baru aku post , dateng ke pantai ini perjuangan banget , why ? karena aku pada waktu itu penelitian kesana bareng sama kawan-kawan dari pendidikan sejarah dalam ajang memperkenalkan Pariwisata Lampung, kalau gak ada mata kuliah sejarah pariwisata mungkin aku gak bakal kesana atau mungkin baru mau kesana , itulah kesenangan tersendiri bisa menjadi bagian dari alumni mahasiswa sejarah unila dan mata kuliah ini diampu oleh dosen paling kece yaitu Dr. Risma M. Sinaga, M.Hum.

Oke , udah panjang lebar aku cerita kenapa bisa ke pantai dewi mandapa . So… sekarang aku akan cerita tentang pantai dewi mandapa.

Dokumentasi pribadi

Pantai Dewi Mandapa ini merupakan pantai yang sudah termasuk lama di Lampung , berdasarkan sejarahnya pantai ini diambil dari nama sang pemilik yaitu Dewi , tapi pantai ini sering sekali disebut dengan dwi mandapa, untuk sampai kelokasi pantai dwi mandapa kalian tidak akan kesulitan mencarinya , berikut ini rute perjalanan yang bisa ditempuh . Lokasi wisata menuju Pantai Dewi Mandapa ini dapat dengan mudah melalui Jalan Pramuka- Jalan Teuku Cik Ditiro kemudian menelusuri Jalan Raden Imba Kusuma Ratu yang menuju Padang Cermin atau melalui jalan dalam kota yang menuju arah Teluk Betung, melewati kawasan Kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung sampai kawasan Gudang Garam dan mengikuti alur ke Padang Cermin. Kondisi jalan masuk sepanjang 500 meter menuju pantai ini belum berupa jalan beraspal mulus, melainkan jalan onde rlaag sepanjang sekitar 50 meter selebihnya adalah jalan tanah merah. Butuh kelihaian bagi pengendara roda dua ketika melintas seusai hujan ataupun ketika air kanal tambak sedang naik. Namun, semua itu akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan yang ada di pantai ini.

Sedangkan untuk masuk ke wilayah pantai kalian cukup menyediakan uang Rp 10.000 / motornya  , kalian bisa membayarnya di pintu masuk menuju lokasi pantai . Beberapa hal yang harus di ketahui kalau ke pantai ini pasti kalian pengen banget berlama-laman karena pantai dewi mandapa ini memiliki slot foto yang bisa memanjakan mata serta pemandangan pantai dan bukit yang menyegarkan .

                                                                  lokasi 1  Jembatan cinta / pulau cinta

Temen-temen bisa lihat gambar diatas , gambar diatas merupakan jembatan penyebrangan atau sering disebut jembatan cinta, jembatan ini merupakan jembatan penyebrangan menuju tempat-tempat favorit untuk foto-foto. Sesampainya di pulau cinta temen-temen bisa langsung bebas bermain pasir di pulai ini , bermain ayunan (ada tempat bermain ayunannya juga ) ,perlu temen-temen ketahui juga bahwa di pantai dewi mandapa ini ada terumbu karangnya, oh iya buat temen-temen yang mau renang bisa nih   snorkling , untuk menyewa alatnya temen-temen bisa menyiapkan uang sebesar Rp 40.000 .

                                 lokasi 2 Balkon cinta

lokasi kedua yaitu Balkon cinta , balkon cinta merupakan tempat favorit untuk selfie dan untuk bersantai dengan keluarga , karena ada tempat untuk duduk-duduk bahkan untuk acara arisan juga bisa dengan memandang suasana alam pantai. Pokoknya kalau temen-temen datang ke pantai ini saya sakin tidak akan menyesal , selain itu disini aku akan sedikit meriview beberapa fasilitas yang perlu temen-temen ketahui sebelum berkunjug ke tempat wisata , berikut beberapa fasilitas yang tersedia :

Gazebo ini merupakan tempat untuk menitipkan barang atau tempat bersantai keluarga ketika berkunjung ke pantai dewi mandapa , banyak gazebo di pantai ini yang bisa di sewa. Selain gazebo ada beberapa fasilitas lain seperti kantin , jadi di pantai ini memiliki kantin walau kantinnya sederhana , insyaallah kalau mau beli makanan ringan kalian bisa beli di kantin tersebut , selanjutnya parkir untuk parkir dengan tarif 2000/motornya .

Selain beberapa fasilitas diatas ada juga musholah dan kamar mandi untuk tempat ganti , walaupun musholah nya kecil tetapi menurut saya yang terpenting bisa buat sholat begitu juga dengan kamar mandinya

kamar mandi yang terdapat di gambar ini merupakan kamar mandi yang dekat dengan musholah tetapi untuk kamar mandi yang dekat dengan pantai juga ada . So… kalau menurut aku fasilitasnya sudah lumayan lengkap , hanya saja untuk traveler dari luar pulau belum ada tempat penginapannya  (mungkin untuk sekarang sudah ada , karena sewaktu saya kesana masih dalam tahap pembenahan).

kalau menurut aku sebagai warga masyarakat yang bukan domisili lampung tetapi kuliahnya di lampung dan aku sendiri menikmati pantai-pantai yang ada di Lampung itu menurut aku Lampung itu surganya pantai sih hehe, banyak banget pantai di Lampung , banyak air terjunnya banyak kulinernya jadi makin betah tinggal di Lampung terkhusus Bandarlampung. Yuk lah buat kalian yang belum tau pantai-pantai atau destinasi wisata di Lampung , ayo berkunjung ke lampung .

Nama : Ainun Masyrifah

Asal : Bandarlampung (kuliah di unila)

Kategori : Mahasiswa

.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *