Tahura ( taman hutan raya ) wan abdul rachman


Bagi anak traveling ini adalah hal yang sangat menarik bagi kalian , tapi jangan harap buat yang gak suka traveling. Yang namanya hutan pasti identik dengan hewan-hewan liat dan pastinya hewannya gak jinak alis nakal hehe. Yang perlu kalian ketahui lampung punya hutan loh dan hutan itu kini menjadi tempat wisata, apa nama wisatanya? Namanya TAMAN HUTAN RAYA WAN ABDUL RACHMAN.

Taman hutan raya wan abdul rachman ini merupakan salah satu taman hutan raya di indonesia yang memiliki luas 22.249,31 ha dan ditetapkan berdasarkan besluit residen lampung no.307 tanggal 31 Maret 1941, kawasan gunung betung masih berstatus sebagai hutan lindung dengan nama hutan lindung register 19 gunung betung. Penetapan kawasan ini sebagai taman hutan raya wan abdul rachaman ditetapkan berdasarkan keputusan menteri kehutanan no. 408/Kpts-II/1993. Sebelum tahun 1941 kawasan gunung betung sudah menjadi tempat sasaran penduduk transmigrasi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti jawa, sunda, banten, dan semendo (sumsel). Yang kemudian mulai membuka lahan untuk dimanfaatkan bersama dengan penduduk pribumi lampung berdasarkan izin yang dikeluarkan kepala kehutanan lampung pada tahun 1959.

Tahura ini menurut administrasi pemerintah terletak di kecamatan tanjung karang barat, kedondong, gedong tataan dan padang cermin kota madya bandarlampung. Sedangkan pengelolaannya dibawah balai konservasi SDA II Tanjung Karang. 

Nah udah panjang luas kali tinggi yak jelasinnya , nah sekarang aku masu kasih tau le kalian kalau TAHURA memiliki FLORA tipe vegetasi hutan jutan tropis yang didominasi dengan medang , rasamala , merawan , dan berbagai jenis anggrek serta paku-pakuan begitu juga dengan rotan. Sedangkan FAUNA yang ada di hutan raya wan abdul rachman memiliki potensi fauna diantara fauna yang ada didalamnya adalah , harimau loreng sumatera, tapir , kambing hutan , Rusa , beruang madu dan lain sebagainya. Didalannya selain tumbuh subur tanam-tanaman juga banyak sekali hewan yang ada di dalamnya.

Nah tak kalah menariknya harus kalian ketahui kalau di dalamnya ada air terjunnya , ada dua air terjun yaitu air terjun kiri dan kanan . Air terjun ini bisa disebut air terjun abah uban . Kok sebutannya air terjun abah uban . Kenapa? Karena air terjun ini ditemukan oleh Ir. Aceng Idris yaitu jaseng yang sudah tua dan beruban sehingga disebut air terjun abah uban  sedangkan air terjun yang sebelah kanan disebut air terjun gunung minggu yang diambil dari nama daerah. BEGITULAH ASAL USUL NAMA AIR TERJUN DI TAHURA.

ADA KEGIATAN WISATA APA DISANA , SEHINGGA BISA DIGUNAKAN BERWISATA ?

diantaranya kalian bisa lintas alam, menikmati pemandangan alam , berkemah nah cocok kan bagi pencinta traveling , trus kalian juha bisa mandi di air terjunnya loh , gak kalah kok kayak di air terjun lembah pelangi .

Nah kalau kita berjunjung ke sini . Apa aja fasilutas yang disediakan? Fasilitas yang disediakan cukup lengkap menurut saya, karena disini ada musholah, toilet , kantin dan ada tempat penginapan. Nah tempat penginapan ini tidak sembarang orang loh bisa menempatinya, karena hanya acara formal saja digunakan dengan tarif Rp.250.000. Per malamnya dengan dua ranjang , kamar mandi dan ruang tamu, serta aula yang disewakan Rp. 1.000.000. Nah gimana enak gak kalau kalian kesana bawa rombongan anak kemah , UKM untuk nginep dan sebagainya bisa aja , tapi yang paling penting untuk kepengurusan jaga parkir kurang memadahi aja jadi harus ekstra banget gitu kalau kalian mau nginep.

Mengenai tarif nih bakalan aku jelasin . Tarifnya adalah sebagai berikut :

  1. Tarif pengunjung rekreasi Rp. 3000/orang
  2. Tarif pengunjung camping Rp. 5000/orang
  3. Tarif tourist Rp. 10.000/orang
  4. Tarif preweead Rp 50.000/orang
  5. Tarif dokumenter Rp 100.000/orang
  6. Tarif parkir mobil Rp 5000/mobil
  7. Tarif parkir motor Rp 2000/motor

Nah untuk menghemat biasa tips buat kalian gak usah pake jasa dokumentasi , motret sendiri pake hp sendiri deh karena tarifnya paling mahal.

TAPI JANGAN HERAN DI TAHURA KALIAN JUGA DAPAT ULMU , BISA BUAT PENELITIAN, PENDIDIKANNYA JUGA ADA , BUDAYANYA , PARIWISATA DAN REKREASI PASTINYA BANYAK BANGET LAH . yuk mari berkunjung ke hutan raya wan abdul rachman .

 

2 Comments

  • Aldy Madani (#)
    July 16th, 2017

    Bagus infonya gan, request tentang sulawesi juga kalau agan sempat posting 🙂

  • […] Nah siapa sih yang gak suka sama binatang? Rata-rata di Indonesia ini semua pada suka hewan apalagi anak-anak , suka sekali dengan binatang. Mereka menyayangi binatang, karena binatang itu lucu dan menggemaskan. Rata-rata yang suka sekali dengan binatang ya anak-anak , buat kalian yang bingung dengan buah hati nya yang sukanya rewel minta liburan kesana sini gak tau tujuannya dan gak tau mau kemana, nah disini aku punya tips buat kalian pencinta satwa . Kali ini saya menyajikan wisata terbaru di bandarlampung yaitu penangkaran rusa wan abdul rachman yang lokasinya ada di bandarlampung. Selain itu kalian juga harus baca juga taman hutan raya wan abdul rachaman.Taman hutan raya wan abdul rachman […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *