wisata batu lapis kalianda , Lampung


Saya mahasiswi sejarah mungkin gak tau menau mengenai masalah batu-batuan tapi kurang lebih sih sedikit tau gitu , walaupun saya bukan mahasiswi prodi geografi yang tau mengenai tentang batu-batuan. Nah disini saya mau ngenalain ke kalian wisata batu di lampung yang hits sampe sekarang, kenapa sih batu kok di jadikan tempat wisata, nah kalau kalian memang penasaran yuk baca terus tulisan aku kali ini mengenai wisata batu lapis di kalianda .

Batu lapis berbeda dengan batu yang lain pada umumnya, batu ini berbeda karena adanya lapisan lapisan batu yang cukup luas dan terkikis oleh hempasan air laut sehingga menjadikan batu ini berbentuk unik seperti tumpukan meja dan kayu.

Nah menurut sejarahnya nih batu lapis ini di kenal melalui media sosial oleh berbagai kalangan makanya sekarang jadi hits gitu , yang perlu kalian ketahui saat akan kesana yah kalian harus tau jalannya terlebih dahulu. Bagaimana tidak jalan kesana lumayan sulit loh. Nah walaupun jalannya sulit untuk ke wisata kita kali ini tapi jangan khawatir . Soalnya kenapa kalau ke wisata ini kalian juga bisa mampir ke pulau mengkudu kawan. Pulau mengkudu ini pemandangannya indah banget loh … jadi kalian kalau perjalanan ke wisata batu lapis dijamin gak bakalan jenuh, karena kalian disuguhkan dengan pemandangan yang indah-indah. Lalu ketika kalian datang ke batu lapis , kalian bakalan liat daya tarik yang ada di batu lapis ini dimana kalian akan melihat keindahan batu karang yang amat indah dimana batu ini berlapis-lapis secara alami bukan bentukan manusia loh. Sehingga suasananya yang dekat dengan pantai membuat kita jadi betah berjam-jam ups gak lupa juga kita bisa lihat panoraman gunung krakatau. Kalaj kesana walaupun perjalanannya jauh kalau dari bandarlampung sekitaran 3-4 jaman yakin kalian bakalan betah disana.

Tak kalah menariknya kawan kalau kalian pengen mandi juga boleh karena disana tempatnya air jernih… jadi yang kepanasan dan pengen mandi juga bisa loh, tapi ati-ati sama bebatuan yang ada disekitarnya.

Nah biar ga nyasar aku kasih tau kalian dimana letaknya atau lokasi batu lapis ini, letaknya di desa totoharjo, kecamatan bakauheni, rajabasa, lampung selatan. Dan waktunya 3-4 jam apabila tidak terjadi sesuatu di perjalananan.

Rute perjalananya disini ada dua rute. Rute yang pertama yaitu:

Bandarlampung – kalianda – pelabuhan canti – pantai krakatau – naik kapal ke pulau mengkudu – jalan kaki ke pantai batu canti ( nah jadi kalian bisa ngegunain mobil , karena perjalanannya enak dengan jalan yang mulus kalau mau ke lokasi kalian harus naik prahu untuk ke lokasi ).

Rute ke dua yaitu : bandarlampung – kota kalianda – pelabuhan canti – simpang pantai batu lapis – naik ojek ke parkiran motor ( jika kalian bawa mobil ) – jalan kaki ke pantai batu lapis ( nah rute ke dua ini kalian gak perlu naik kapal lagi). Tapi dengan catatan mobil gak bisa masuk area hanya bisa di parkir , tempat parkiran mobil. Perlu kalian ketahui juga , jadi rute ke dua ini adalan jalannya , jalan tanah merah kalau musim hujan lengket banget dan licin jadi kalian harus berhati-hati kalau kering jangan lupa pake masker ya banyak debunya. 

Lalu apa saja sih fasilitas yang ada di sana ? Fasilitas yang ada di sana terdapat kantin , jadi kalau laper gak perlu lagi bawa-bawa bekal segala . Nah kalau bekal habis beli saja di tempat ini. Trus ada tempat peristirahatannya juga loh sebagai tempat duduk-duduk aja sih bukan tempat penginepan.

Tarif untuk ke batu lapis ini Rp 25.000/ orang.  Dan mungkin wisata ini adalah wisata yang bagus tetapi sayang agak sedikit kurang terawat, maka dari itu pemerintah daerah harus lebih tanggap dengan adanya pariwisata yang ada di lampung supaya di perbaiki dan akan menambah pendapatan daerah apabila tempat wisata banyak di kunjungi oleh masyarakat lokal , nasional maupun masyarakat mancanegara. Baca juga : wisata alam lainnya yaitu air terjun lembah pelangi dan muncak mas sukadana .

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *