Wisata Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta


The amazing heritage building with the excellent display of historical dioramas.

Bagaikan hal yang tidak mungkin bisa ke sini karena lokasi yang amat jauh sekali dari kota Bandarlampung. Lokasinya saja di Jl. Jenderal A. Yani (margo mulyo) no.6 Yogyakarta . Telp. 0274-586934, Fax. 0274-510996. 

Jauh sekali kan daerahnya dari Bandarlampung, soalnya kita sampe naik bus dan kapal sehingga bisa sampe ke lokasi, kebetulan banget pas kkl dan bisa sampe ke lokasi ini, dan alhasil aku bisa mendapatkan banyak banget informasinya.

Salah satunya sejarah singkat nya, benteng pertama kali dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono 1 atas permintaan Belanda yang pada masa itu Gubernur dari Direktur Pantai Utara Jawa yang mana di pimpin oleh Nicolas Harting. Adapun maksud pembangunan benteng ini di bangun dengan dalih untuk menjaga ke amanan keraton dan sekitarnya. Akan tetapi dibalik itu maksud Belanda sesungguhnya adalah memudahkan dan mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam keraton. Benteng pertama kali di bangun ke adaannya masih sangat sederhana, temboknya hanya dari tanah yang di perkuat dengan tiang-tiang dari pohon kelapa aren , dan bangunan di dalamnya terdiri atas bambu dan kayu dengan atap hanya ilalang yang di bangun dengan bentuk bukur sangkar, yang di ke empat sudutnya dibuat tempat penjagaan yang disebut seleka atau bastion. Kemudian pada masa selanjutnya , gubernur Belanda yaitu W.H. Van Ossenberg mengusulkan agar benteng di bangun lebih permanen agar lebih menjamin keamanan.kemudian pada tahun 1767 , pembangunan benteng mulai dilaksanakan di bawah pengawasan seseorang ahli ilmu bangunan dari ilmu belanda yang bernama Ir. Frans Haak dan pembangunan baru selesai tahun 1787. Setelah pembangunan benteng selesai kemudian di beri nama Rustenburg *yang berarti benteng peristirahatan*. Pada tahun 1867 di yogyakarta terjadi gempa yang besar sehingga rusaknya bagian benteng , setelah itu di lakukan perbaikan dan nama bentengnya juga di ubah vredeburg *benteng perdamaian*. Hal ini adalah manifestasi antara keraton dan belanda yang tidak saling menyerang.  nah tapi sekarang udah bagus banget tau bentengnya. Luas dan banyak banget koleksinya. 

Nah sedangkan koleksi yang ada disana banyak sekali , sehingga apabila kita datang ke sana maka akan mengingatkan kita ke masa lalu . Begitupun fasilitas yang ada di sana banyak banget , makanya harus stay ya di blog ku akan ada postan selengkapnya.

Tiket dan jam masuk nya juga beda-beda setiap wisatawan , list an nya :

  • Wisata mancanegara 10.000
  • Wisata domestik :
  • Dewasa perorang 2.000
  • Dewasa Rombongan 1.000
  • Anak-anak perorang 1.000
  • Anak-anak rombongan 500,

Jam buka museumnya : selasa – kamis : 07.30 -16.00 wib , jumat-minggu : 07.30-16:30 wib

1 Comments

  • […] peranan dan harapan : peranannya adalah merawat, penelitian, pengumpulan, penerbitan , sebagai tempat wisata sejarah , seni, dan budaya. sedangkan harapannya adalah sebagai tempat berjesajarah yang perlu di kunjungi agar selalu lestari.jangan lupa kunjungin link ini sebelum membaca postan saya ini Wisata museum […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *